Pertanian merupakan soko guru pendapatan di Indonesia, dan merupakan sektor untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia, karena sebagian besar masyarakat indonesia tinggal di pedesaan. untuk itu banyak sekali permasalahan petani di pedesaan terkait dengan budidaya pertanian maupun peternakan, belum lagi permasalahan hama yang menggaggu tanaman pertanian.

Berbicara tentang Pertanian maka Pemerintah Desa Ketep menghadirkan Bapak H. Dalami Nur Sidiq selaku DPRD Kab. Magelang di Komisi III yang membidangi Pertanian, Perkebunan, Kehutanan, Ketahanan Pangan, peternakan, perikanan, perdagangan, Pasar, perizinan, penanaman modal, pariwisata dan kebudayaan ,pertanahan dan Lingkungan hidup, Bpk Suryohadi selaku PPL Desa Ketep dalam acara Kegiatan pelatihan budidaya pertanian dan peternakan tahun 2019.  pembahasan pada pertemuan di acara tersebut yakni tentang pengolahan, pemupukan dan pengendalian hama tanaman holtikultura.

Dari peserta hadir sangat partisipatif di acara tersebut dengan berbagai hal pertanyaan - pertanyaan yang disampaikan kepada bapak Dalami nur sidiq, maupun PPL Desa Ketep terkait program pemerintah ditahun 2020, pengendalian hama, pemasaran hasil panen pertanian dan hal lainnya. dan sebagai bentuk partisipatif peserta yang hadir maka dari panitia menyediakan berbagai doorpize alat-alat pertanian  maupun jenis pupuk yang disediakan dari CV. MTI. etc....